Ilmu Sosial untuk Semua

    Katalis

    September 13, 2022

    NFT untuk Seniman Lokal Braga

    Seniman merupakan salah satu profesi yang mengalami permasalahan ekonomi. Salah satu dampak yang dirasakan adalah sulitnya melakukan transaksi dan hilangnya media apresiasi yang biasanya mengharuskan interaksi secara langsung antara seniman dan para penikmat seni. Namun, hal tersebut dapat teratasi dengan digitalisasi komunikasi dan transaksi barang dan jasa, seperti dengan kehadiran NFT.
    December 18, 2021

    Tanah Air Mesra yang Dikutuk Amnesia

    Analogi dari gerakan demokrasi tanpa pemimpin (leaderless movement) di tiga negara Asia Tenggara—Indonesia, Thailand, Myanmar—sepanjang tahun 2019 - 2021 memunculkan sebuah siklus sejarah serupa antara satu dengan yang lain: daya juang demonstran, memori kolektif dan personal dari peradaban masing-masing, serta tragedi dan kekalahan. Tanah air mesra yang dikutuk amnesia.  
    October 24, 2021

    Pembajakan Buku: Upaya Pembebasan Ilmu Pengetahuan atau Tindak Kriminal Etika Moral?

    Akses terhadap buku dan artikel jurnal akademik sangatlah terbatas. Hal ini pun mendorong terjadinya pembajakan. Garwe pun mengungkapkan bahwa pembajakan buku tidak hanya ilegal, tetapi juga tidak etis.
    May 4, 2021

    Mengulik Fenomena Fandom di Era Teknologi Komunikasi

    Fenomena fandom bukan hal baru. Tetapi, baru-baru ini eksistensinya dalam dunia digital semakin naik. Bukan lagi hanya hiburan, kini fandom juga bergerak di ruang-ruang hidup lain. Dalam tulisannya, Fariza Nur Shabrina dari Fan & Psychology membahas motivasi dibalik terbentuknya fandom dan keterkaitannya dengan pembentukan identitas seseorang.
    September 20, 2020

    Posisi Anak-anak dalam Ilmu Sosial (Kontekstual): Agensi dan Budaya

    Pengetahuan tentang masa kanak-kanak yang dominan dalam kebudayaan modern saat ini adalah pengetahuan yang diproduksi oleh cara pandang orang dewasa mengenali anak-anak. Artikel ini membahas pentingnya penelitian ‘bersama’ anak-anak yang tidak hanya melihat bagaimana suatu fenomena terjadi dan berimplikasi terhadap anak-anak, tetapi lebih fokus pada bagaimana suatu peristiwa dapat dijelaskan dalam narasi anak-anak.
    September 10, 2020

    Pembangunan tanpa Gerakan Perlawanan

    Tahun 2019 yang lalu, saya melakukan penelitian lapangan di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini mengkaji hegemoni dan kekuasaan (power) dalam proyek pembangunan mega-industri Global Hub.
    May 27, 2020

    Spektrum Lansia yang Terlewat

    Melekatnya berbagai identitas pada individu yang sudah lansia perlu dilihat sebagai suatu spektrum yang harus diperhatikan. Kekosongan pemahaman terhadap status ini akan menyuburkan bentuk-bentuk kerentanan pada lansia. Lansia berpotensi untuk mendapatkan kekerasan verbal, fisik, eksploitasi secara perekonomian, kerentanan dalam akses kesehatan, dan ditelantarkan oleh pemberi perawatan atau caregiver. 
    September 20, 2018

    Kekerasan Seksual Anak Dinyatakan Darurat: Seberapa Darurat?

    Melalui penelitiannya, Ryan Febrianto berusaha memahami seberapa daruratnya kekerasan seksual anak dan menawarkan beberapa poin penting tak hanya tentang kekerasan seksual anak tapi juga tentang kajian pemuda di Indonesia.