Ilmu Sosial untuk Semua

    Catatan Pinggir

    October 23, 2023

    Memaknai Politik melalui Kacamata Mereka yang Teropresi  

    Di Catatan Pinggir ini, Elvira Rumkabu (Ira) bercerita tentang pandangan politiknya sebagai seorang perempuan Papua. Ira tersadar bahwa perempuan Papua perlu terlibat di politik praktis untuk merebut kekuasaan yang didominasi karakter maskulin.
    July 6, 2022

    Mendobrak Bingkai Konsumerisme Kontemporer ala Taylor dan Heath

    Fenomena konsumerisme semakin umum ditemukan dalam diskusi ekonomi masyarakat kontemporer. Bagaimanakah ilmu filsafat menjelaskan fenomena konsumerisme di masyarakat? Yuk baca penjelasan dari LSF Cogito.
    July 6, 2022

    Filsafat yang Menubuh

    Semakin populernya ilmu filsafat membuat lebih banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Akan tetapi, mempelajari ilmu filsafat tidak sesederhana membaca kutipan-kutipan filsuf terdahulu. Jadi, seperti apa maksudnya mendalami ilmu filsafat hingga menubuh pada diri kita? Di artikel ini, Raja Cahaya Islam dari Kelas Isolasi berbagi pengalamannya.
    January 26, 2022

    Menilik Krisis Iklim dari Ketinggian 35.000 kaki

    Di Catatan Pinggir ini, Brurce Mecca yang bekerja di sebuah lembaga wadah pemikir (think tank) internasional terkait kebijakan iklim, menggambarkan pandangannya tentang krisis iklim dari kacamata seorang penumpang di sebuah penerbangan rute Jakarta – Kalimantan Timur.
    January 26, 2022

    Pembangunan dan Penanggulangan Bencana

    Widya Setiabudi sudah lama bekerja di bidang humanitarian dan kebencanaan. Di Catatan Pinggir ini, Widya menuliskan pentingnya pembangunan yang layak dan pengelolaan risiko bencana atas dampak dari pembangunan itu sendiri.
    January 26, 2022

    Stigma Ilmu Sosial dan Persoalan Kolaborasi Interdisipliner untuk Pembangunan yang Adil

    Kebersamaan merupakan nilai penting untuk pembangunan berkelanjutan. Melalui tulisan berikut, Hardya Pranadipa yang bekerja dalam bidang pencegahan konflik kekerasan, keamanan, dan perdamaian membahas tentang pentingnya mengedepankan kolaborasi interdisipliner dalam menciptakan pemerataan dan keadilan dalam pembangunan demi pembangunan yang lebih inklusif dan demokratis.
    January 26, 2022

    Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi, untuk Siapa?

    Ruli Endepe, ekonom kesehatan, mempertanyakan siapa subjek dari pertumbuhan serta pembangunan ekonomi dengan memberikan contoh melalui industri tembakau. Meski, nyatanya industri tembakau memberikan dampak buruk bagi kualitas hidup masyarakat, tapi dorongan untuk terus ada dengan dalih ‘membantu pertumbuhan ekonomi’ masih dominan.
    September 23, 2021

    Mengarsipkan Memori di Queer Indonesia Archive

    Di Catatan Pinggir edisi ini, Harits Rasyid Paramasataya, salah satu pendiri dan pengurus Queer Indonesia Archive, memaparkan pentingnya menjaga kisah orang queer di Indonesia.
    September 23, 2021

    Hidup dengan HIV di Masa Pandemi COVID-19

    Awal 2020 lalu, kita dikejutkan dengan dimulainya pandemi COVID-19. Momen historis ini dirasakan oleh miliaran orang di dunia. Di Catatan Pinggir ini, Amahl S. Azwar menceritakan pengalamannya bernavigasi di dunia yang tiba-tiba berubah sebagai orang dengan HIV.