Ilmu Sosial untuk Semua

    Makna

    October 23, 2023

    Memaknai Politik melalui Kacamata Mereka yang Teropresi  

    Di Catatan Pinggir ini, Elvira Rumkabu (Ira) bercerita tentang pandangan politiknya sebagai seorang perempuan Papua. Ira tersadar bahwa perempuan Papua perlu terlibat di politik praktis untuk merebut kekuasaan yang didominasi karakter maskulin.
    October 23, 2023

    Kaum Muda dan Pemilu: Membangun Kesadaran yang Utuh

    Kaum muda memang penting berpartisipasi dalam Pemilu. Tapi, sudahkah dunia politik praktis ramah pada kaum muda? Bagaimana kaum muda bisa berpartisipasi secara bermakna dalam proses politik?
    October 22, 2023

    Penghayat Kepercayaan dalam Dinamika Pemilihan Umum

    Diskriminasi terhadap penghayat kepercayaan di Indonesia sudah berlangsung lama. Politik agama membuat peluang pemeluk kepercayaan untuk berpartisipasi dalam politik praktis jadi semakin sempit.
    July 6, 2022

    Subjek dan Keyakinan

    Setiap orang memiliki keyakinan dan cara meyakininya masing-masing. Akan tetapi, bagaimana keyakinan itu dapat muncul dalam diri seseorang? Artikel ini menjelaskan subjektivitas keyakinan dan bagaimana keyakinan memengaruhi tindakan seseorang.
    July 6, 2022

    Bagaimana menjadi Manusia yang Baik?

    Kita semua diharapkan menjadi orang yang baik oleh orang tua maupun diri sendiri. Namun, bagaimana cara menjadi manusia yang baik? Bukankah ada beragam kriteria “baik”? Jadi, apakah label “manusia yang baik” itu tidak universal dan bersifat subjektif saja?