Ilmu Sosial untuk Semua

    Opini Agama

    December 19, 2020

    Mungkinkah Teologi Baru Berkembang di Tanah Air?

    Teologi adalah ilmu tentang ketuhanan untuk memahami Tuhan dan ajaran keagamaan melalui penalaran intelektual. Artikel ini membahas bagaimana setiap agama memaknai teologi secara berbeda-beda dan ada upaya untuk memperluas maknanya untuk mengikuti perkembangan zaman.
    December 16, 2020

    Fungsi Agama di Masyarakat

    Agama dan ide-ide keagamaan berfungsi sebagai jembatan bagi obsesi spiritual manusia untuk bisa memahami tuhan terhadap diri dan dunianya. Artikel ini melihat bahwa agama juga perlu dibahas dari sudut pandang yang lebih ‘membumi’, yaitu dari sudut pandang sosial.
    December 16, 2020

    Cari Suara dengan Agama: Apa, Kenapa, Harus Bagaimana

    Di Indonesia, identitas agama sangatlah penting dan paling sering digunakan dalam kampanye politik. Agama paling sering dimanfaatkan untuk kampanye politik karena agama merupakan identitas yang dominan dan kentara, kuat, melintas batas negara, dan membuka ruang penyangkalan.
    March 26, 2019

    Menerima Perbedaan, Menolak Diskriminasi

    Dalam keseharian, seringkali kita melihat atau bahkan mendapatkan perlakuan tidak adil. Tidak jarang kita mengenal dosen yang pilih kasih dan hanya bersedia membimbing mahasiswa yang dianggapnya pandai atau menghadapi pemilik usaha yang hanya menerima pekerja yang seagama dengannya. Pembedaan perlakuan tersebut, yang meskipun tampak sepele dan remeh, adalah bentuk diskriminasi.